ibnjaldun.com

Profil & Prestasi Peraih Emas Pertama di Asian Games 2023

Muhammad Sejahtera Dwi Putra, atlet Menembak yang mempersembahkan medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2023.. Profil & Prestasi Muhammad Sejahtera Dwi Putra Peraih Emas Pertama di Asian Games 2023 (Foto: Dok. KOI/NOC Indonesia)

Jakarta, News -

Indonesia mendapatkan medali emas pertama di ajang Asian Games 2023 lewat cabang olahraga menembak.

Muhammad Sejahtera Dwi Putra meraih skor tertinggi dalam Shooting-Men's 10m Running Target.

Ia mencatat skor akhir 578-15X yang membuatnya berhasil membawa pulang medali emas untuk Indonesia.

ADVERTISEMENT

Muhammad Sejahtera Dwi Putra, atlet Menembak yang mempersembahkan medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2023..Muhammad Sejahtera Dwi Putra, atlet Menembak yang mempersembahkan medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2023../ Foto: Dok. KOI/NOC Indonesia

Prestasi Tera

Atlet yang akrab disapa Tera ini berhasil melampaui skor dua wakil Vietnam, yakni Huu Vuong Ngo dan Tuan Anh Nguyen mendapat medali perak dan perunggu.

Prestasi Tera dalam membawa medali kemenangan untuk Indonesia bukanlah kali pertama.

Pada ajang Asian games 2018 lalu, ia untuk pertama kalinya kembali membawa pulang medali dari cabang olahraga menembak setelah Indonesia terakhir kali mendapat medali di cabang olahraga tersebut 52 tahun silam.

Dalam ajang di mana Indonesia menjadi tuan rumah itu, Tera memenangkan medali perak dalam nomor 10 meter running target campuran.

Asian Games 2018 juga menjadi multi-event pertama yang diikuti Tera. Ia tampil di dua nomor tampil di dua nomor pada 10 meter running target standar dan running target campuran.


Medali perak berhasil Tera sabet tertinggal 4 poin dari atlet kelas dunia dari Korea Utara, Myong Won Pak.

Selain Asian Games, Tera juga pernah menyumbangkan medali emas dalam ajang SEA Games. Selain itu, Tera juga beberapa tahun belakangan rajin mengikuti kejuaraan menembak dunia.

Profil Tera

Tera lahir di Jakarta pada 13 April 1997 lalu. Anak kedua dari empat bersaudara ini tumbuh besar di Bekasi Timur.

Ia lahir dari pasangan seorang PNS di Kementerian Pertanian dan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Tera menjadi satu-satunya yang memutuskan karier menjadi atlet dari keluarga tersebut.

Ia menekuni olahraga menembak saat berkuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 2014 silam. Saat itu, tera yang berusia 17 tahun mengambil jurusan olahraga.

Tera kemudian bertemu dengan Masuri, mantan atlet menembak yang menjadi pelatihnya ketika ada program atlet untui Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat pada 2016.

Sebelum berkiprah dan memutuskan untuk menekuni olahraga menembak, Tera pernah mencoba sepak bola dan futsal sebagai olahraga yang ia tekuni di UNJ.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat