ibnjaldun.com

Begini Tanda Salat Istikharah Dijawab Menurut Buya Hamka

Buya Yahya Begini Tanda Salat Istikharah Dijawab Menurut Buya Hamka/Foto: Youtube

Jakarta, News -

Al Ghazali telah mengakhiri hubungan dengan Alyssa Daguise setelah enam tahun menjalin asmara.

Berdasarkan pengakuan Al, keputusan tersebut diambil usai dirinya melalukan salat Istikarah untuk meyakinkan diri sebelum melamar Alyssa.

Lewat salat Istikharah, Al mengaku mendapatkan jawaban dari Tuhan untuk memutuskan hubungannya dengan Alyssa.

ADVERTISEMENT

"Sebenarnya Al Ghazali kemarin sudah mau menyiapkan sesuatu yang besar untuk mantannya karena berniat ingin serius, maka disuruh shalat istikharah. Pas salat istikharah ada jawaban dari Allah, akhirnya pisah, ya," cerita Maia Estianty dilansir dari Youtube MAIA ALELDUL TV pada Minggu (4/9).

Salat Istikarah memang kerap dilakukan umat Muslim saat ingin menentukan sebuah pilihan, seperti pekerjaan, jodoh, dan lainnya.

Lantas bagaimana umat Muslim dapat mengetahui jawaban dari salat Istikarah yang mereka lakukan?

Shot of a Muslim young man worshiping in a mosque.Shot of a Muslim young man worshiping in a mosque./ Foto: Getty Images/CiydemImages

Melansir tayangan YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya pernah menjelaskan bagaimana cara untuk mendapatkan jawaban dari salat Istikarah.

Buya Yahya mengatakan bahwa sebelum melaksanakan salat Istikharah, umat Muslim harus menyerahkan segala pilihannya kepada Allah dengan hati yang lapang.


Kemudian, meminta petunjuk melalui salat Istikharah sebanyak dua rakaat dan membaca doa istikharah.

Buya Yahya menegaskan bahwa setelah salat Istikharah, hati harus pasrah dan berserah atas apa pun petunjuk Allah.

"Setelah Anda sudah melaksanakan Istikharah Anda lepas, selagi itu milik Anda akan sampai kepada Anda supaya Anda betul-betul netral hatinya," kata Buya Yahya.

Buya Yahya juga mengatakan bahwa jawaban dari salat Istikharah tidak selalu dalam bentuk mimpi atau perasaan, tetapi juga dengan kemudahan saat menjalani sebuah proses kehidupan.  

"Setelah Istikharah, Anda serahkan kepada Allah dan Anda jalankan proses. Kalau ternyata proses digampangkan berarti itulah pilihan Allah. Mimpi tidak harus mimpi. Memang ada mimpi-mimpi indah itu adalah kabar gembira untuk maju," pungkasnya.

(KHS/fik)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat