ibnjaldun.com

Bukan hanya wanita, pria juga wajib pakai sunscreen.

skincare pria Jangan Malas, Ini Pentingnya Pakai Sunscreen Bagi Pria (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tomwang112)

  • Pentingnya Sunscreen bagi Pria
  • Alasan Pria Malas Pakai Sunscreen
  • Sunscreen yang Cocok untuk Pria
Jakarta, News -

Pria terkadang menganggap enteng penggunaan produk perawatan kulit. Padahal, pria dan wanita sama-sama mempunyai kewajiban untuk memelihara kesehatan tubuh, salah satunya kulit.

Hal mendasar dalam merawat kulit adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen atau tabir surya adalah produk yang mengandung Sun Protection Factor (SPF).

SPF pada sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) pada matahari. Sinar UV, baik UVA atau UVB dapat membahayakan kulit.

ADVERTISEMENT

Beberapa bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar UV di antaranya, kulit terbakar, penuaan dini, flek hitam, hingga memicu kanker kulit.

Pentingnya Sunscreen bagi Pria

Menurut Andriani Oktadianti, Global Masstige Beauty Brand Development Group Head PT Paragon Technology and Innovation, pria memiliki tingkat risiko lebih tinggi dalam merasakan dampak negatif sinar UV ketimbang wanita.

Pasalnya, pria terbiasa membiasakan kulitnya tanpa proteksi apa pun meski beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, peran sunscreen sangat penting bagi para pria.

"Kita riset lebih dalam, ada nggak ya bedanya kondisi kulit cowok dengan kulit cewek. Selama ini, kita cuma bilang 'oh ya kulit cowok itu beda sama cewek', tapi cuma sebatas itu. Kita akhirnya riset, dan ternyata justify. Kulit cowok itu cenderung lebih mudah merasakan efek negatifnya ketika terkena sinar UV, polusi, dan blue light," jelas Andriani Oktadianti pada acara Beauty and Science Festival di Central Park Mall, Rabu (27/9).

"Kalau misalnya kita kasih contoh, ketika cewek lebih panjang waktunya untuk mendapatkan dampak negatif karena tidak menggunakan sunscreen, amit-amit paling buruknya kanker kulit, untuk cowok itu kemungkinannya lebih besar," tambahnya.


Alasan Pria Malas Pakai Sunscreen

Sayangnya, belum banyak pria yang mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen setiap hari. Mereka bahkan cenderung malas mengaplikasikan produk perawatan kulit apa pun.

Banyak alasan mengapa pria malas menggunakan sunscreen, seperti rasa tidak nyaman dengan teksturnya, khawatir kulit menjadi berjerawat, hingga stigma bahwa skincare hanya untuk wanita.

Sunscreen yang Cocok untuk Pria

Dari masalah tersebut, kini muncul inovasi sunscreen yang cocok untuk pria, yaitu sunscreen dalam bentuk stik. Sunscreen stik akan memudahkan para pria mengaplikasikannya di mana saja dan kapan saja.

Andriani Oktadianti kemudian menyarankan para pria untuk memilih produk sunscreen dengan tekstur ringan atau yang mempunyai label 'lightweight'.

"Kalau untuk cowok, pasti formulanya itu tidak se-oily yang cewek, karena kalau cewek pakai skincare penginnya berasa kan, 'Oh sudah pakai nih, sudah lembab', tapi kalau cowok nggak nyaman," pungkasnya.

(KHS/KHS)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat