ibnjaldun.com

Agama Warga Negara Uzbekistan dan Persentasenya

Pesona Uzbekistan, Negeri Jalur Sutera yang Buat Sukarno Terpikat Agama Warga Negara Uzbekistan dan Persentasenya/Foto: Internet

  • 1. Islam
  • 2. Kristen Ortodoks
  • 3. Agama Lain
Jakarta, News -

Uzbekistan merupakan negara yang terletak di Asia Tengah, berbatasan dengan Kazakhstan di utara, Kirgistan di timur laut, Afghanistan di selatan, Tajikistan di tenggara, dan Turkmenistan di barat daya.

Populasi di Uzbekistan diperkirakan lebih dari 35 juta jiwa.

Berdasarkan jumlah tersebut, setiap warganya menganut sejumlah agama yang berbeda.

ADVERTISEMENT

Berikut adalah agama yang dianut warga Uzbekistan beserta persentasenya.

1. Islam

Islam menjadi agama mayoritas di Uzbekistan. Dilansir dari laman U.S. Embassy in Uzbekistan, penganut Islam di sana mencapai angka 88 persen per 2022.

Mayoritas umat Islam di Uzbekistan adalah penganut Sunni dari mazhab Hanafi. Ada juga sekitar 0,03 persen yang menganut Syiah.

2. Kristen Ortodoks

Kristen Ortodoks merupakan agama besar kedua di Uzbekistan. Jumlah pemeluk agama tersebut sebanyak 2,2 persen, lebih kecil dibanding tahun 2019 yang mencapai 3,5 persen.

Pemerintah memperkirakan bahwa jumlah pemeluk Kristen Ortodoks didominasi warga dari etnis Rusia. Jumlahnya terus meningkat sejak perang Rusia-Ukraina pecah.


3. Agama Lain

Selain dua agama sebelumnya, terdapat banyak agama lain yang dianut warga Uzbekistan, tetapi angkanya relatif kecil.

Menurut data pemerintah, ada sekitar 1,5 persen populasi yang mencakup komunitas kecil Katolik Roma, Kristen etnis Korea, Seventh-day Adventists, Pentecostals, Jehovah's Witnesses, Buddha, Baha'i, hingga ateis.

Ada juga populasi Yahudi campuran Ashkenazi dan Sephardic (Bukharan). Jumlahnya diperkirakan mencapai 5.425 orang.

(Nastiti Swasiwi Nurfiranti/agn)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat