ibnjaldun.com

7 Spot Wisata Bekas Lokasi Shooting Film Horor yang Bisa Kamu Kunjungi

Foto-foto Rumah Pengabdi Setan 7 Spot Wisata Bekas Lokasi Shooting Film Horor yang Bisa Kamu Kunjungi / Foto: (Wisma/detikTravel)

  • 1. Rumah Pengabdi Setan
  • 2. Hutan Wanagama
  • 3. Lawang Sewu
  • 4. TPU Jeruk Purut
  • 5. Stasiun Kaliwedi
  • 6. Yogya Plaza Klender
  • 7. Pulau Satonda
Jakarta, News -

Ketika menonton film horor, kita sering dibuat penasaran dengan lokasi dari film tersebut.

Banyak pencinta film horor yang berlomba-lomba mencari tahu hingga mengunjungi tempat di mana film itu dibuat.

Ada dari mereka yang sekadar berfoto-foto, tetapi ada juga yang ingin merasakan suasana angker dan cerita mistis di balik lokasi tersebut.

ADVERTISEMENT

Untuk mengetahui di mana saja lokasinya, berikut News telah merangkum 7 spot wisata bekas lokasi shooting film horor yang dapat dikunjungi.

IKUTI QUIZ

1. Rumah Pengabdi Setan

Lokasi bekas shooting film Pengabdi Setan (2017) berada di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.
Ada dua rumah yang digunakan untuk keperluan shooting. Rumah pertama tidak bisa dimasuki karena masih dihuni. Namun, kita bisa berfoto di depan rumah tersebut.


Sedangkan, rumah kedua kini telah kosong dan terbuka untuk umum. Kita harus membayar tiket seharga Rp 10.000 untuk memasuki rumah tersebut.

Rumah Pengabdi Setan rupanya juga menyimpan kisah horor. Menurut penuturan warga, mereka kerap melihat penampakan hantu meneer serta anak-anak kecil Belanda, baik di siang maupun malam hari.

2. Hutan Wanagama

Hutan Wanagama adalah salah satu lokasi bekas shooting film KKN Desa Penari (2022), yang berada di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hutan ini merupakan kawasan hutan di bawah pengelolaan Fakultas Kehutanan UGM.


Sebelum menjadi lokasi shooting, hutan Wanagama terkenal sebagai lokasi kegiatan alam, seperti ospek, outbond, dan lainnya.

Sejumlah orang yang pernah bertugas atau berkunjung ke hutan Wanagama, termasuk para kru dan pemain film KKN Desa Penari, mengaku merasakan keangkeran tempat tersebut.

Peristiwa horor yang dialami berupa penampakan bayangan hitam dan putih, suara tawa, langkah kai, hingga erangan.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan lokasi bekas shooting film Lawang Sewu: Dendam Kuntilanak (2007). Sebelum dijadikan lokasi shooting, bangunan peninggalan Belanda ini memang sudah terkenal angker.

Pada masa pendudukan Jepang, Lawang Sewu diambil alih dan dijadikan sebagai penjara bagi pasukan Indonesia dan Belanda. Ruang bawah tanah di bangunan tersebut menimbulkan korban jiwa lantaran terlalu sempit dengan jumlah tawanan yang banyak.

Sebagian orang mengaku pernah mencium aroma busuk, penampakan hantu wanita berambut panjang, dan sosok bayangan bermata hijau. Selain itu, ruang penyiksaan di lantai 3 juga menjadi spot angker di Lawang Sewu.

Konon, tentara Jepang kerap menghabisi tawanannya di ruangan tersebut. Oleh sebab itu, sering terdengar suara jeritan dari sana di malam hari.

4. TPU Jeruk Purut

TPU Jeruk Purut berlokasi di Jakarta Selatan, yang identik dengan kisah hantu pastur kepala buntung.

Kisah horor itu berawal ketika seorang penjaga makam mengaku melihat hantu berpakaian seperti pastur sambil membawa kepalanya sendiri dan ditemani oleh seekor anjing hitam pada 1986.

Kesaksian penjaga makam ini lalu menyebar dan dikenal banyak orang melalui film Hantu Jeruk Purut (2006). Masyarakat meyakini bahwa hantu itu adalah pastor yang kepalanya dipenggal.

5. Stasiun Kaliwedi

Stasiun Kaliwedi di Cirebon pernah menjadi lokasi shooting film Ratu Ilmu Hitam (2019). Tempat ini memiliki suasana yang cukup angker karena telah lama terbengkalai dan berhenti beroperasi pada 2007 silam.

Namun, rel kereta api di depan Stasiun Kaliwedi masih berfungsi. Ketika masih aktif, Kaliwedi tidak memiliki pintu perlintasan, sehingga sering menimbulkan korban jiwa.

Menurut warga sekitar, hantu Kentrung Budeg kerap membuat orang yang hendak melintasi rel tak mendengar suara peringatan kereta yang lewat.

6. Yogya Plaza Klender

Yogya Plaza Klender atau kini Cityplaza Klender adalah saksi bisu kelamnya kerusuhan Mei 1998. Saat itu, sekelompok orang tak dikenal memprovokasi warga untuk menjarah Yogya Plaza.

Namun, mall dibakar oleh kelompok tersebut dengan pintu yang digembok dari luar, sehingga 488 orang tewas.

Semenjak itu, banyak cerita mistis yang berseliweran, mulai dari suara jeritan dan tangisan, terciumnya aroma daging terbakar dan bau anyir, penampakan sosok yang berjalan dengan badan melepuh atau tubuh tidak lengkap, hingga lift berbau darah.

Mall ini lalu diangkat menjadi film berjudul Mall Klender (2014) oleh Hitmaker Studio bersama Soraya Intercine Films.

7. Pulau Satonda

Pulau Satonda menjadi lokasi bekas shooting film Jailangkung (2017). Pulau yang berada di Nusa Tenggara Barat ini terkenal dengan panorama alam yang luar biasa.

Namun, ada mitos horor mengenai Pulau Satonda. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Pulau Satonda adalah pulau terkutuk, sehingga tidak boleh ditinggali oleh siapapun.

Hal ini berkaitan dengan cerita pengasingan Putri Dae Minga. Parasnya yang cantik menimbulkan pertikaian di antara berbagai kerajaan, sehingga sang raja memutuskan untuk mengasingkan putrinya ke Pulau Satonda.

Namun, Putri Dae Minga malah mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkan diri di Danau Satonda. Sebelum tenggelam, ia mengucapkan sumpah yang berbunyi,

"Tidak ada wanita yang bisa mendapatkan anggun dan cantik di dalam satu waktu. Jika ia anggun, maka ia tidak cantik. Jika ia cantik, maka ia tidak anggun."

Dengan kutukan itu, sang putri berharap agar tak ada wanita yang bernasib serupa dengannya. Meski begitu, Pulau Satonda memiliki sejumlah penginapan di tepi pantai untuk para wisatawan yang ingin bermalam.

(Nastiti Swasiwi Nurfiranti/nap)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat