ibnjaldun.com

Bacaan Doa Menyambut Tahun Baru Hijriah dalam Islam

Ilustrasi doa Bacaan Doa Menyambut Tahun Baru Hijriah dalam Islam/Foto: Freepik

Jakarta, News -

Seiring berjalannya waktu, bulan Dzulhijjah 1445 H akan segera berakhir.

Umat Muslim akan merayakan Tahun Baru Hijriah tepat pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024.

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Hijriah

ADVERTISEMENT

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa untuk menyambut awal tahun baru Hijriah.

Dengan memanjatkan doa awal tahun baru Hijriah kepada Allah SWT, umat Muslim mengharapkan rahmat, lindungan, kesehatan, dan berbagai kebaikan lainnya di tahun yang baru tersebut.

Berikut adalah bacaan doa menyambut tahun baru Hijriah, seperti melansir dari NU Online pada Senin (24/6).

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Arab-latin: Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwal. Wa 'alaa fadhlikal 'azhiimi wa kariimi juudikal mu'awwal. Haadzaa 'aamun jadiidun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fiihi minas syaithaani wa auliyaa'ih, wal 'auna 'alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu'I, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikraam.


Artinya: "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

12 Amalan di Tahun Baru Hijriah

Para ulama menganjurkan umat Muslim untuk mengerjakan amalan-amalan di tahun baru Hijriah. Amalan-amalan tersebut dapat dijadikan sebagai sarana mendekatkan diri dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Berikut 12 amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan di tahun baru Hijriah, seperti dikutip dari laman NU Online pada Senin (24/6).

1. Melakukan shalat

2. Puasa

3. Menyambung silaturahim

4. Sedekah

5. Mandi

6. Mengenakan celak mata (penggaris mata)

7. Ziarah kepada ulama, baik yang masih hidup maupun yang telah wafat

8. Menjenguk orang sakit

9. Menambah nafkah keluarga

10. Memotong kuku

11. Mengusap kepala anak yatim

12. Membaca Surat Al Ikhlas sebanyak 1000 kali

(Nastiti Swasiwi Nurfiranti/naa)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat