ibnjaldun.com

Tren Nikah Muda Meningkat, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual dalam Kehidupan Rumah Tangga

Ilustrasi pernikahan Tren Nikah Muda Meningkat, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual dalam Kehidupan Rumah Tangga (Foto: Unplash)

Jakarta, News -

Tren nikah muda saat ini sedang marak di Indonesia. Namun pesatnya tren tersebut tidak dibarengi dengan informasi dan pendidikan kesehatan seksual yang mumpuni.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa kesehatan seksual memainkan peranan krusial dalam membentuk hubungan rumah tangga yang harmonis dan memuaskan.

Tren saat ini menunjukkan bahwa banyak pasangan muda memutuskan untuk menikah dan membangun keluarga lebih awal dibandingkan generasi sebelumnya.

ADVERTISEMENT

Namun, ketidaktahuan atau kurangnya pemahaman mengenai kesehatan seksual seringkali menjadi masalah utama bagi pasangan-pasangan tersebut.

Masalah terkait kesehatan seksual yang dihadapi pasangan muda bervariasi, mulai dari komunikasi yang kurang efektif tentang kebutuhan dan keinginan seksual hingga tantangan dalam menjaga kesehatan reproduksi.

Banyak pasangan muda merasa canggung atau tidak tahu bagaimana cara membahas isu-isu seksual secara terbuka, yang dapat mengakibatkan stres dan ketidakpuasan dalam hubungan.

dr. Made Suyasa Jaya, SpOG (K), seorang Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, menuturkan kesehatan reproduksi memegang peranan penting dalam kehidupan pasangan yang telah atau akan menikah.

"Salah satu masalah kesehatan reproduksi yang sering dihadapi adalah infertilitas, yaitu kondisi di mana pasangan tidak dapat memperoleh keturunan meskipun telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama 1-2 tahun," ujar Made Suyasa Jaya.


Infertilitas bukan hanya masalah medis, tetapi juga mencerminkan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan reproduksi.

Peningkatan kasus infertilitas yang telah melampaui angka 10 persen, terutama di negara berkembang seperti Indonesia, menunjukkan perlunya upaya lebih dalam meningkatkan pemahaman dan penanganan masalah kesehatan reproduksi di masyarakat.

Permasalahan-permasalahan tersebut juga diangkat dalam series Kawin Tangan yang tayang di WeTV.

Serial yang tayang setiap Jumat dan Sabtu ini mengangkat berbagai isu yang dihadapi pasangan muda dalam kehidupan rumah tangga mereka, termasuk masalah kesehatan seksual, tetapi dengan pendekatan yang ringan namun informatif.

Selain menjadi hiburan, Kawin Tangan dapat menjadi tontonan yang juga memberikan wawasan baru bagi penontonnya.

(arm/nap)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat