ibnjaldun.com

Tips Bijak Pakai Kartu Kredit Agar Terhindar dari Bunga Tinggi

Credit card payment, buy and sell products & service,selective focus Tips Bijak Pakai Kartu Kredit Agar Terhindar dari Bunga Tinggi (Foto: Sale photo created by jcomp - www.freepik.com)

Jakarta, News -

Eva Dahlia selaku Syariah Card Division Head Bank Mega Syariah memberikan tips kepada anak muda yang hendak menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit memang menjadi salah satu sarana untuk menunjang gaya hidup, terlebih di Ibu Kota.

Tuntutan gaya hidup di kota metropolitan kadang tidak selaras dengan penghasilan sehingga dibutuhkan kartu yang bisa membantu saat kekurangan dana.

ADVERTISEMENT

Namun, tidak sedikit yang terjebak menggunakan kartu kredit hingga cicilannya menumpuk dan kesulitan membayar.

Oleh sebab itu, Eva Dahlia mengungkapkan bahwa seseorang yang hendak menggunakan kartu kredit harus memiliki limitasi.

"Kalau kita punya penghasilan itu biasanya persentase untuk membayar-bayar (cicilan) itu tidak lebih dari 30 persen dari total gaji," ungkap Eva Dahlia dalam diskusi bersama media di Jakarta, pada Jumat (5/7) lalu.

Menurut Eva Dahlia, selain berutang, gaji perlu disimpan untuk tabungan dan investasi.

Sehingga memilah-milah gaji sangat diperlukan agar tidak kebablasan menggunakan kartu kredit.


"Kenapa? Kita harus investasi, biaya hidup, kalau sudah berumah tangga sudah mulai mikirin anak dan lain-lain. Kalau lebih besar biaya cicilannya, akan sulit (membayar)," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Eva Dahlia menekankan kepada orang yang hendak menggunakan kartu kredit agar bisa merinci penghasilannya terlebih dahulu.

"Cara mengatasinya harus tahu penghasilan berapa, berapa kewajibannya, apakah dengan ada tambahan kartu kredit masih bisa menjaga keuangan, ya silahkan," bebernya.

"Tapi kalau mau disiplin, cicilan hanya boleh maksimal 40 persen, harus pintar-pintar menjaga diri," tambahnya.

Eva Dahlia menambahkan bahwa ada alternatif lain selain kartu kredit, yakni kartu pembiayaan tanpa riba yang dikeluarkan oleh Bank Mega Syariah.

"Dengan meningkatnya kesadaran dan permintaan terhadap produk keuangan syariah, kartu pembiayaan dapat menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin menjalankan aktivitas keuangan mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam," tambah Eva Dahlia.

Kartu pembiayaan ini juga memiliki banyak keuntungan karena menawarkan berbagai promosi menarik hingga poin reward setiap kali bertransaksi.

(arm/fik)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat