ibnjaldun.com

Suka Selfie di Lokasi Bencana, Pertanda Gangguan Jiwa?

Syuting sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda (TMTM) disesalkan banyak pihak karena digelar di area pengungsian Erupsi Semeru. Syuting itu dinilai tidak etis. Suka Selfie di Lokasi Bencana, Pertanda Gangguan Jiwa?/Foto: Nur Hadi Wicaksono

Jakarta, News -

Media sosial sempat dihebohkan dengan viralnya kejadian orang suka mengambil foto maupun video di lokasi bencana.

Seperti tak berempati kepada sesama, mereka malah berlomba-lomba membuat konten yang menarik.

Hal itu pun seperti menjadi fenomena lantaran sering terulang dan menjadi sebuah kebiasaan.

ADVERTISEMENT

"Kalo itu mungkin kita liat dari sisi norma sosial ya. Justru di sini yang dipertanyakan adalah empatinya ke mana, simpatinya ke mana. Di saat lokasi bencana malah selfie, serta ini menjadi konten. Kita mengalami krisis sosial di area itu. Di mana empati dan toleransi sudah mulai berkurang. Menyebabkan orang-orang melihat sesuatu yang luar biasa termasuk bencana bukan menunjukkan sisi kemanusiaan, justru menjadi orang terdepan terupdate untuk mengupload di sosmed," kata psikolog Intan Erlita.

"Menurut aku tujuannya untuk foto dan dokumentasikan untuk informasi nggak apa-apa. Tapi kalo untuk ditonton viral mencari sensasi bencana nggak banget," lanjutnya.

Seperti apa penjelasan lengkap Intan Erlita soal fenomena tersebut? Saksikan Insert Investigasi Sabtu (25/12) hanya di Trans TV.

(agn/agn)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat