ibnjaldun.com

Viral Santriwati Dinikahi Pengasuh Ponpes tanpa Izin Ortu, Ini Hukum dalam Islam

Ilustrasi wanita menikah Viral Santriwati Dinikahi Pengasuh Ponpes tanpa Izin Ortu, Ini Hukum dalam Islam/Foto: iStock

Jakarta, News -

Ranah media sosial ramai membahas soal video orang tua seorang santriwati yang menangis ketika mengetahui anak gadisnya dinikahi pengasuh pondok pesantren di Lumajang tanpa ada izin darinya.

Hal itu membuat orang tua sang santri melaporkan sang pengasuh ponpes ke polisi karena tak terima putrinya dinikahi tanpa izin.

Awalnya, sang ayah dari santriwati tersebut kaget karena kabar yang beredar mengenai putrinya sedang berbadan dua. Rupanya kehamilan itu karena putrinya yang masih di bawah umur dinikahi siri oleh sang pengasuh ponpes.

ADVERTISEMENT

Sang ayah langsung menangis ketika mengetahui fakta tersebut. Padahal, dalam Islam, anak perempuan yang menikah tanpa diketahui orang tua hukumnya tidak akan sah.

Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam salah satu ceramahnya menjawab bahwa hukum tersebut berdasarkan tidak adanya izin dari wali si perempuan juga dua orang saksi.

"Tidak sah nikah, kecuali izin wali dan saksi dua orang," kata ustaz Abdul Somad.

"Jadi wahai janda-janda muda jangan mau kalian nikah tanpa wali. Jangan," lanjutnya.

Lebih lanjut, ustaz Abdul Somad juga membahas soal kerugian menikah siri.


"Jangan mau kalian nikah siri kalau kalian melakukan dan laki kalian mati, kalian tidak akan dpat harta warisan. Kalau menuntut tidak ada surat hitam di atas putih," bebernya.

"Kalau kalian nanti ditinggalkan sama suami. Iya kalau suaminya baik kalau dia habis nikah pergi tidak diceraikan kalian. Kalian nuntut ke mana?" pungkasnya.

(dis/ikh)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat