ibnjaldun.com

Arti dari Lambang Universitas Brawijaya yang Dinilai Terlalu Rumit

Sebelum di Universitas Brawijaya (UB), sindikat penyebar stiker yang menawarkan 'jalur belakang' juga beraksi di Jakarta. Yakni di Universitas Pancasila (UP). Kala itu di UP tengah digelar seleksi jalur mandiri Universitas Gajahmada. Arti dari Lambang Universitas Brawijaya yang Dinilai Terlalu Rumit/Foto: Muhammad Aminudin

Jakarta, News -

Lambang Universitas Brawijaya atau UB Malang menjadi viral di TikTok.

Hal itu gegara sebuah konten yang memperlihatkan betapa rumitnya lambang tersebut.

Konten itu berisi hasil bordiran lambang Universitas Brawijaya Malang di almamater.

ADVERTISEMENT

Terlihat perbedaan besar pada gambar antara almamater satu dengan yang lain. Almamater berwarna biru memperlihatkan bordir dari lambang UB yang benar. Namun, pada almamater merah terlihat bordiran lambang UB yang gagal dibuat.

Penampakan Lambang Universitas Brawijaya yang Viral Setelah Dibordir Bikin NgakakPenampakan Lambang Universitas Brawijaya yang Viral Setelah Dibordir Bikin Ngakak/ Foto: TikTok

Lalu apa arti dari lambang Universitas Brawijaya?

Mengutip Wikipedia, lambang pada Universitas Brawijaya terinspirasi dari Arca Harihara, peninggalan Kerajaan Majapahit.

Lambang Universitas Brawijaya berbentuk segi lima dengan warna dasar biru kehitaman. Di dalamnya terdapat gambar arca Raden Wijaya (Brawijaya I) berwarna kuning emas, sebagai penjelmaan Dewa Wisnu yang bertangan empat.

Arti dari Lambang Universitas Brawijaya yang Dinilai Terlalu RumitArti dari Lambang Universitas Brawijaya yang Dinilai Terlalu Rumit/ Foto: Wikipedia

Masing-masing dari tangan itu memegang lampu, canka atau siput, qada, dan cakra. Selain itu sebagai lambang Ciwa, Raden Wijaya mengenakan mahkota Candra Kapala. Di samping kiri dan kanan Raden Wijaya terdapat sepasang Dewa Perwara sebagai pengikut Sang Raja.


Secara keseluruhan, lambang itu menggambarkan corak atau watak dari Universitas Brawijaya.

Jiwa kepeloporan, seperti yang dimiliki oleh Raden Wijaya (Brawijaya I), dilukiskan dengan warna kuning emas. Memiliki sifat abadi, dilukiskan dengan warna dasar hitam.

Sementara itu bentuk segi lima berwarna kuning emas digambarkan sebagai menjunjung tinggi falsafah Pancasila.

Sehingga lambang Universitas Brawijaya menggambarkan penjiwaan keseluruhan watak Raden Wijaya (Brawijaya I) yang senantiasa dilandasi moral Pancasila.

(agn/and)
Tonton juga video berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat